Gak Lolos SBMPTN? Tenang! Masih ada Jalur SM, Cari Tau tentang Jalur SM di Sini

Tuesday, May 16th 2017. | General

Buat kamu yang gak lolos SBMPTN alias Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, jangan putus harapan ya untuk bisa kuliah di perguruan tinggi negeri atau PTN. Memang sih, kuliah di PTN menjadi impian banyak pelajar. Selain lebih murah, kuliah di PTN juga gengsinya lebih besar. Apalagi, konon katanya lulusan PTN lebih diperhitungkan pada saat mencari kerja. Ada beberapa cara untuk dapat masuk ke PTN, beberapa di antaranya adalah lewat SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan juga lewat SBMPTN tadi.

SNMPTN biasanya hanya diikuti oleh mereka yang “terpilih” saja. Secara, jatah peserta SNMPTN dari tiap-tiap sekolah memang terbatas sehingga gak semua siswa di sekolah tersebut bisa jadi peserta SNPTN. Pada intinya, SNMPTN ini biasanya hanya diikuti oleh siswa-siswa unggulan di sekolah. Kalau SBMPTN, peluangnya untuk ikut lebih besar. Hal ini dikarenakan semua siswa bisa ikut, asalkan membayar biaya pendaftaran. Inilah mengapa banyak peserta yang tak memiliki kesempatan ikut SNMPTN kemudian mencoba ikut SBMPTN. Pertanyaanya, kalau SNMPTN gak lolos, SBMPTN gak lolos juga, terus mau masuk PTN lewat jalur apa lagi? Tenang! Masih ada jalur SM atau Seleksi Mandiri.

Meski pemerintah mewajibkan tiap-tiap PTN di Indonesia untuk memberikan jatah kursi lebih pada mahasiswa yang lolos lewat SNMPTN dan SBMPTN, pihak kampus tetap diberi hak untuk menyelenggarakan seleksi mandiri atau SM ini. Syaratnya, seleksi mandiri ini hanya boleh dilaksanakan setelah proses SNMPTN dan SBMPTN berakhir.

Sesuai namanya, seleksi mandiri ini adalah kebijakan masing-masing kampus. Jadi, proses pelaksaannya tidak serentak alias berbeda-beda antara satu PTN dengan PTN yang lainnya. Untuk mengetahui jalur-jalur seleksi mandiri yang digelar oleh masing-masing PTN, calon mahasiswa harus rajin-rajin nih mencari informasi di situs resmi kampus yang menjadi incarannya. Pasalnya, proses pendaftaran dan proses seleksi hingga syarat-syarat dan biaya kuliah biasanya ada semua di situs resmi kampus.

Tiap-tiap PTN bisa menggelar lebih dari dua tes masuk secara mandiri. Biasanya, jalur yang satu pasti diisi dengan penjaringan siswa berprestasi. Hal ini berdasarkan nilai rapor dan prestasi siswa. Jalur yang kedua biasanya lewat jalur tertulis. Jalur tertulis inilah yang biasanya diserbu oleh banyak siswa yang gagal ikut SBMPTN ataupun SNMPTN.

Ada banyak SM yang terkenal di Indonesia. Salah satunya adalah dari Universitas Indonesia atau UI. UI memiliki tujuh jalur mandiri. Namun, yang paling diminati oleh siswa adalah Seleksi Masuk UI atau biasa disingkat dengan Simak UI. UGM atau Universitas Gadjah Mada juga memiliki banyak seleksi mandiri, namun yang paling terkenal adalah UTUL UGM atau ujian tertulis UGM. Baca : Info kost dekat kampus Jalur ini termasuk jalur mandiri yang diminati banyak calon mahasiswa. Di beberapa PTB, ada juga jalur seleksi mandiri yang merupakan program kemitraan daerah atau kerja sama industri. Mereka yang bisa masuk PTN lewat jalur ini adalah mereka yang disponsori oleh pemerintah daerah dan  perusahaan.

Seleksi mandiri setiap PTN jatahnya maksimal hanya 40 persen dari total jumlah mahasiswa yang diterima. Memang pemerintah memprioritaskan peserta yang lolos lewat SNMPTN dan SBMPTN. Namun, jatah yang kecil ini gak seharusnya bikin kamu pesimis, ya. Kamu harus tetap optimis bisa masuk PTN dengan jalur SM ini yang notabenenya adalah kesempatan terakhir kamu untuk bisa menjajal masuk PTN.

tags: ,