IBX59EBBFF099F53 Mengapa Imbal Hasil Investasi Saham Menggiurkan? - GWS - GWS

Mengapa Imbal Hasil Investasi Saham Menggiurkan?

Friday, May 4th 2018. | Bisnis

Dalam berinvestasi, setiap investor tentu mempertimbangkan factor keuntungan yang akan mereka dapatkan nantinya. Keuntungan memang menjadi tujuan utama investor karena jika suatu investasi tidak menguntungkan maka investasi tersebut tidak layak untuk dijalani dan sebaiknya dana disimpan atau dialihkan ke instrumen investasi lainnya. Dalam memulai suatu investasi, biasanya investor memilih investasi modal kecil untung besar yang dapat dipercaya. Salah satu instrumen investasi yang tergolong ke dalam investasi modal kecil untung besar adalah investasi saham yang dikenal menjanjikan return yang menggiurkan. Lalu, dari mana imbal hasil menggiurkan tersebut berasal?

Pada dasarnya, dalam investasi saham terdapat dua potensi profit yang akan didapatkan investor. Diantaranya adalah :

Margin harga saham

Salah satu sumber imbal hasil investasi saham didapat dari margin harga saham yang terjadi setiap saat. Ya, harga saham memang dikenal berubah-ubah setiap detiknya mengikuti permintaan di lantai bursa. Ketika permintaan akan suatu emiten meningkat maka harga saham tersebut juga akan meningkat sehingga para pemegang saham tersebut akan mendapatkan keuntungan dari naiknya harga saham yang mereka miliki. Di sisi lain, ketika harga saham turun karena banyaknya investor yang menjual saham tersebut, maka investor juga akan mengalami kerugian mengingat harga saham yang mereka miliki lebih murah dibandingkan saat mereka beli. Oleh karena itu, investor saham biasanya akan menganalisa saham yang akan mereka beli terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan apakah akan membeli saham tersebut atau tidak.

Dividen

Selain margin harga saham, investor juga akan mendapatkan keuntungan investasi yang mereka lakukan di bursa saham melalui dividen yang diberikan perusahaan. Dividen merupakan bagi hasil yang diberikan suatu perusahaan kepada para pemilik saham mereka. Pemberian dividen biasanya di lakukan satu tahun sekali atau mengikuti kebijakan dari perusahaan tersebut. Nominal dividen yang diberikan biasanya tergantung pada jumlah lembar saham yang dimiliki investor tersebut kepada perusahaannya. JIka jumlah lembar saham yang dimiliki cukup banyak, maka investor tersebut akan mendapatkan imbal hasil yang banyak pula, pun begitu sebaliknya. Mengingat adanya dividen sebagai salah satu sumber imbal hasil, maka dapat dikatakan investasi saham merupakan salah satu investasi yang bagus untuk mendapatkan imbal hasil tinggi.

 

 

 

tags: ,