IBX59EBBFF099F53 Perhitungan Zakat Penghasilan Gaji dan Jenis Zakat Mal Lainnya - GWS - GWS

Perhitungan Zakat Penghasilan Gaji dan Jenis Zakat Mal Lainnya

Tuesday, July 25th 2017. | General

Zakat mal merupakan zakat yang mempunyai beberapa jenis yang ada. Pertama adalah zakat penghasilan dimana cara perhitungan zakat penghasilan gaji ini sangat mudah yaitu 2,5 persen dari gaji yang diterimanya dan telah mempunyai nisab yaitu selama 1 tahun. Tetapi untuk sistem zakat penghasilan ini sendiri tidak semua pekerja diwajibkan untuk membayar zakat karena hanya beberapa orang saja yang mempunyai penghasilan lebih dari cukup sehingga dapat untuk dikeluarkan dan tidak mengganggu kebutuhannya. Untuk minimal penghasilan gaji yang didapatkan tersebut adalah 3 juta rupiah dan bisa dibayarkan perbulannya setelah memenuhi haul dari nisab zakat tersebut. Selain dari zakat penghasilan, untuk jenis zakat mal ini sendiri mempunyai beberapa jenis zakat yang ada seperti :

Zakat mal perhiasan

Untuk zakat mal perhiasan ini adalah zakat yang dikeluarkan untuk kepemilikan perhiasan dari emas dan perak. Untuk zakat ini mempunyai perhitungan emas yang berjumlah 20 dinar kepemilikan. Dimana 1 dinarnya berjumlah 4,25 gram emas, sehingga untuk jumlah 20 dinar adalah 85 gram emas murni. Sama seperti nisab pada zakat penghasilan untuk nisab emas ini juga mengambil 2,5 persen dari jumlah tersebut yang telah memenuhi haul. Sedangkan untuk nisab perak adalah senilai 200 dirham atau sebanyak 595 gram perak yang dipunyai oleh seseorang.

Zakat mal untuk binatang ternak

Merupakan jenis zakat selanjutnya yang mempunyai syarat tambahan yaitu binatang yang dikembalakan. Ada beberapa jenis binatang ternak yang termasuk dalam zakat mal ini dengan nisab tersebut yaitu :

  • Onta merupakan binatang ternak khas di Timur Tengah yang nisabnya dihitung apabila mempunyai 5 ekor onta.
  • Sapi juga termasuk dalam binatang ternak yang ada zakat malnya dengan nisab 30 ekor sapi.
  • Kambing juga mempunyai nisab apabila mempunyai kambing minimal 40 ekor.

Zakat mal untuk hasil pertanian

Untuk zakat harta yang dipunyai yang harus dikeluarkan adalah dari hasil pertanian dan juga buah-buahan. Untuk nisab dari hasil pertanian adalah sebanyak 5 wasaq yang bisa dianggap sebanyak 900 kg untuk hasil tani yang didapatkan. Dan apabila kurang dari itu, maka seperti biasa tidak wajib untuk mengeluarkan zakat mal dari hasil pertanian yang didapatkan karena hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan sendiri saja.

Zakat mal untuk harta karun

Dan jenis selanjutnya adalah untuk penemuan harta karun yang ada adalah 1/5 dari harta yang ditemukan tersebut. Khusus untuk harta karun yang ditemukan ini tidak mempunyai aturan haul menunggu satu tahun tetapi langsung dapat untuk dilakukan karena tidak ada isyarat untuk haul dan nisabnya. Sehingga bagi yang menemukan harta karun harus mengeluarkan 1/5 bagian dari harga tersebut untuk amal.

tags: , ,