Untuk Apa Diadakannya Program Tabungan Qurban?

Thursday, June 15th 2017. | Gaya Hidup

Tabungan atau simpanan digunakan untuk menyimpan sebagian pendapatan untuk tujuan tertentu. Banyak jenis tabungan atau simpanan yang bisa dipilih dan salah satunya adalah tabungan qurban. Program tabungan qurban tersebut umumnya dilaksanakan oleh perbankan syariah namun ada juga yang diselenggarakan oleh suatu dewan atau lembaga keuangan syariah baik yang ada di pedesaan atau di perkotaan dengan tujuan khusus dan siapa saja yang memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh lembaga keuangan tersebut.

Adanya tabungan qurban tersebut memiliki manfaat atau tujuan. Pertama adalah membantu atau meringankan beban nasabah yang ingin melaksanakan ibadah qurban. Program tabungan untuk berkurban tersebut mengharuskan nasabahnya untuk menabung atau menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk ditabung dengan jumlah tertentu. Masing-masing lembaga keuangan tersebut memiliki persyaratan tersendiri mengenai berapa jumlah setoran yang harus dibayarkan per bulannya sehingga mencapai jumlah tertentu yang nantinya bisa digunakan untuk membeli hewan kurban.

Kedua adalah membantu untuk lebih menyemarakkan hari raya Idul Adha. Dengan adanya tabungan kurban tersebut memungkinkan masyarakat untuk bisa ikut serta dalam pelaksanaan kurban dengan lebih mudah. Anda bisa menabung kapan saja sesuai dengan ketentuan dari tempat yang menyelenggarakan program tabungan untuk kurban tersebut dan kemudian mengambilnya untuk dipergunakan membeli hewan kurban atau diserahkan ke masjid atau ke pihak yang mengelola hewan kurban tersebut sehingga mudah untuk didistribusikan.

Pada dasarnya, ada 2 sifat dari program tabungan untuk kurban tersebut, yaitu:

  • Mengingat dimana penabung atau nasabah tersebut berniat bulat untuk menabung dengan tujuan untuk melaksanakan kurban tahun depan sehingga tabungan tersebut tidak diambil sampai batas waktu yang ditentukan yaitu saat pelasanaan hari raya Idul Adha. Pengembalian dari tabungan tersebut berupa hewan kurban dan perhitungannya disesuaikan dengan jumlah dari tabungan serta jenis hewan kurban yang dipilih apakah memilih sapi atau kambing. Nantinya, kelebihan dana tersebut akan dikembalikan ke penabung dan jika kurang maka penabung harus menambah kekurangannya atau digunakan untuk tabungan kurban hingga tahun mendatang.
  • Tidak mengikat: Artinya penabung atau nasabah berhak untuk mengambil kembali tabungan tersebut sewaktu-waktu tanpa adanya ikatan tertulis mengenai kapan dana tabungan tersebut bisa diambil dan diharuskan dalam bentuk hewan untuk kurban. Namun, hal itu tergantung dari masing-masing penyelenggara dari program tabungan untuk kurban tersebut.

Untuk memilih tabungan kurban, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelumnya yaitu:

  • Transparansi dana. Tanyakan dan perhatikan apakah Anda bisa memantau dan mendapatkan informasi mengenai jumlah dan yang Anda tabungkan untuk kurban tersebut.
  • Kemudahan syarat. Syarat tersebut tidak hanya berupa dokumen yang harus dilampirkan namun juga mengenai berapa setoran yang harus dibayarkan per bulannya. Apakah memberatkan Anda atau tidak.
  • Fitur dan keuntungan yang didapat. Misalnya, apakah Anda bisa mengambil sewaktu-waktu, melakukan kurban online atau tidak.

 

tags: ,